FBlogoPada masa sekarang ini menjalin pertemanan di media sosial sangat mudah dan menjadi hal yang biasa. Kita begitu mudah berekspresi untuk menuangkan apa yang ada dalam benak kita. Kita bisa berbisnis, curhat, menyatakan kekesalan, sharing informasi, humor dan lain sebagainya. Sebagai gantinya kita akan mendapatkan respon dari teman-teman kita. Dan kita juga bisa merespon apa yang di posting oleh teman-teman kita. Nggak usah diperpanjang penjelasannya, ya, karena semua orang sudah tahu kegunaan media sosial. Hehehe..

Salah satu media sosial yang terkenal adalah Facebook. Iseng-iseng (karena nggak ada kerjaan di kantor, hehehe..), saya melakukan survey terhadap wall saya dan beranda saya untuk mengetahui kesan terbanyak dari hubungan pertemanan di account FB saya, dan mungkin hasilnya akan berubah jika anda yang melakukan survey terhadap akun anda sendiri.

Hasil Survey: Hal terbanyak yang diposting dalam FB

  1. Berita terkini / informative: 36.0%
  2. Mencari perhatian: 23.0%
  3. Bisnis: 12.0%
  4. Curahan hati: 11.5%
  5. Religi / Doa: 6.0%
  6. Games: 5.0%
  7. Perang: 2.5%
  8. Humor: 2.0%
  9. Politik: 2.0%

HalTerbanyak

Dari hasil survey diatas, hal yang paling banyak di-posting orang dalam wall facebook mereka adalah berita terkini / informative (sebesar 36%). Biasanya mereka baru saja membaca berita atau segala informasi yang bersifat memberikan tips atau motivasi atau portal berita dan men-share di wall mereka sehingga terbaca oleh beranda kita supaya orang lain juga mengetahuinya. Posting terbanyak kedua adalah “mencari perhatian” (23%). Apa itu mencari perhatian? Hehe.. Anda suka selfie? Kalo anda suka, berarti kita sama.. Hehehe.. Nah, postingan terbanyak kedua adalah postingan foto-foto. Biasanya kita ingin orang lain tahu kita sedang berada dimana atau sedang melakukan apa, lalu di upload ke dalam akun FB. Dan hal semacam ini saya masukkan ke dalam “mencari perhatian”. Dan hal terbanyak ketiga yang diposting orang adalah bisnis (12%).

Hasil Survey: Respon terbanyak yang kita posting di FB

  1. Mencari perhatian: 41.6%
  2. Humor: 39.2%
  3. Berita terkini / informative: 9.1%
  4. Curahan Hati: 4.0%
  5. Perang: 3.7%
  6. Politik: 1.6%
  7. Religi / Doa: 0.8%

ResponTerbanyak

Sementara ketika saya memposting beberapa hal dalam akun saya, hal terbanyak yang mendapatkan respon adalah caper alias mencari perhatian: 41.6%. Karena saya suka selfie, dan saya upload di FB, ternyata banyak respon dari teman-teman saya.. Berarti kalian perhatian dengan saya, my friends.. Thank you, i love you.. Sorry saya terbawa suasana.. Sedangkan hal terbanyak kedua yang mendapatkan respon dari teman saya adalah humor (39.2%). Hal ini menunjukkan teman-teman saya suka tertawa. Nggak apa-apa, tertawa itu sehat kok. Sedangkan hal lainnya kurang mendapatkan respon banyak dari teman-teman saya, seperti curhat, perang, politik dan religi.

Nah, itulah hasil survey kecil saya, semoga bermanfaat, dan selamat bermedia sosial yang sehat. Apapun hal yang diposting atau merespon postingan, lakukan dengan sehat, dan jangan sampai mengganggu pertemanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s