Pemimpin yang mampu mengangkat bangsa kita dari degradasi kemanusiaan adalah pemimpin yang:

1. Bermoral baik.
Dikenal jujur, tidak dan tak akan pernah korupsi, kolusi, apalagi ngapusi. Tidak pernah mo limo atau mo yang lain.

2. Berjiwa sosial.
Dikenal mudah bergaul dengan siapa saja, terutama orang kecil, tidak membedakan golongan, suka membantu, rajin menengok dan bertegur sapa, tidak mengusir pengamen maupun pengemis. Tidak menyakiti hati orang dan suka memaafkan.

3. Berkemampuan baik dan berwawasan luas.
Dikenal rajin dalam bekerja, konsisten, tidak mengeluh apalagi berputus asa. Mampu memimpin orang lain dan bekerja sama, tidak otoriter.

4. Pemberani dan tidak cengeng.
Berani dalam mengambil keputusan walaupun resiko menghadang. Berani melawan intervensi asing (seperti IMF) bila memang menyengsarakan rakyat. Yang jelas, ia harus berani menerima kritik dan berprinsip berani lapar lebih dulu asal rakyat kenyang.

5. Religius (agamis).
Pemimpin harus berjiwa kuat, karena kita negara yang beragama. Agama akan menjadi benteng (bukan topeng) bagi setiap cobaan yang menimpa bangsa ini. Dengan demikian, masyarakat pun akan optimis bahwa krisis akan segera berlalu.

Carilah dan pelihara bibit-bibit kepemimpinan yang mungkin masih ada dan telah bersemi -tidak perlu disebut disini nanti malah dikatakan “saru”, maklumlah bangsa kita sampai sekarang masih dihegemoni oleh ketakutan dan demokrasi yang salah persepsi, tulisan pun harus netral-. Yakinlah bahwa bibit tersebut akan menjadi pengayom bagi bangsa ini sehingga cita-cita menjadi bangsa yang “gemah ripah loh jinawi, toto titi tentrem kerto raharjo” menjadi kenyataan, bukan sekedar slogan.

(Diambil dari buku “7 Golongan yang Ditunggu Sorga” oleh Abu Ahmad, terbitan Qaula)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s