Di kantor tempat saya bekerja mempunyai motto: “Mari jadikan Indonesia lebih baik”. Bagi sebagian orang berpendapat itu hanyalah omongan belaka. Namun bagi saya itu merupakan hal besar. Ada jalan terbentang di belakang perkataan tersebut, yang memang apabila berhasil menjadikan Indonesia lebih baik, maka Indonesia bisa berperan aktif di dalam menciptakan perdamaian dunia.

Namun untuk bisa menuju itu semua diperlukan pribadi yang baik, dimana pribadi yang baik adalah orang yang bisa menjaga vertical relationship dan horizontal relationship.

Vertical relationship adalah hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta (Sang Khaliq), atau disebut juga Hablum Minallah. Bagaimana kita menjaga hubungan dengan Sang Pencipta? Yaitu dengan meningkatkan ketaqwaan, menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Horizontal relationship adalah hubungan antara manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan Semesta Alam (Hablum Minannas). Tahapan-tahapan untuk bisa menjaga hubungan antar sesama manusia atau dengan makhluk hidup lainnya adalah sebagai berikut:
1. Kenalilah diri sendiri. Kenalilah siapa diri kita dan tujuan hidup kita.
2. Cintailah diri sendiri. Saya teringat sebuah lagu yang dibawakan oleh George Benson, yang salah satu liriknya berbunyi: “Learning to love yourself is the greatest love of all“, artinya belajar mencintai dirimu sendiri adalah cinta yang terbesar dari segalanya.
3. Mengenal Tuhan, dengan mengenal sifat-sifat-Nya.
4. Mencintai Tuhan.
5. Pengabdian diri, dengan saling tolong menolong antara sesama manusia dan makhluk ciptaan Tuhan yang lain.
6. Cinta kasih (mahabah), yaitu keinginan untuk memberi tanpa mengharapkan pamrih.

Setelah kita menjadi pribadi yang baik, dengan menularkan hal-hal positif yang ada dalam diri kita kepada orang lain, bukanlah hal yang tidak mungkin untuk menjadikan Indonesia, negara tercinta kita ini, lebih baik. Dan lebih jauh lagi, bisa berperan aktif di dalam menciptakan perdamaian dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s